Pages

Sunday, 22 August 2010

Puasa Belanja Uang THR Anda

Bagi para karyawan, Tunjangan Hari Raya (THR) tak lama lagi ada dalam genggaman Anda. Umumnya uang tambahan ini akan dibelanjakan untuk berbagai keperluan menjelang Lebaran. Tetapi kebiasaan ini tak berlaku jika kondisi keuangan masih tidak sehat.
Perencana keuangan Ligwina Hananto menegaskan, jika kondisi keuangan sehat, sah saja menghabiskan uang THR untuk belanja kebutuhan lebaran. Namun jika masih ada kewajiban membayar utang kartu kredit, hindari belanja baju baru dan tak perlu mudik.

"Uang THR bisa digunakan untuk membayar utang kartu kredit bagi Anda yang memiliki kondisi keuangan tidak sehat," kata Ligwina kepada Kompas Female, usai talkshow "Reksadana: Kenali Dulu Baru Beli" yang diadakan Tabloid Kontan beberapa waktu lalu.

Tanda bahwa kondisi keuangan sehat atau tidak bisa dilihat dari rasio kemampuan menabung dan mencicil utang. Jika keuangan sehat, Anda masih memiliki tabungan 10 - 30 persen dari penghasilan setiap bulan. Anda juga masih mampu mencicil maksimal 30 persen dari penghasilan untuk membayar hutang termasuk kartu kredit.

"Indikator keuangan tidak sehat, Anda tidak bisa menabung dengan rasio 10-30 persen dari penghasilan. Keuangan minus juga menjadi pertanda kondisi keuangan tidak sehat. Begitupun jika menyicil utang lebih dari 30 persen dari pernghasilan. Artinya, jika jumlah cicilan utang terlalu tinggi, Anda berangkat pagi pulang petang hanya untuk membayar utang," paparnya.

Jika penghasilan Anda hanya Rp 3 juta per bulan namun biaya gaya hidup mencapai Rp 7 juta misalnya, dan terlilit utang kartu kredit karenanya, ini sudah pertanda kondisi keuangan tidak sehat, tutur Ligwina.

Nah, jika kondisi finansial Anda mencirikan tanda-tanda negatif tadi, maka Anda harus ikat pinggang dengan ketat dan "puasa" belanja menjelang lebaran nanti. Caranya dengan menahan diri untuk tidak menikmati uang THR untuk berbelanja, tetapi membayar dulu utang Anda (dengan THR tersebut). Inilah risiko yang harus Anda bayarkan dari kebiasaan menghamburkan uang dengan lifestyle yang tinggi.

"Habit seperti ini tidak terbentuk satu-dua hari. Tetapi sudah berlangsung dua-tiga tahun," tegas Ligwina.
Jika ingin sehat secara finansial, menahan diri berpuasa belanja Lebaran kali ini bisa membantu mengembalikan kondisi keuangan.

Sumber : kompas female
Share/Save/Bookmark

0 komentar: