Pages

Thursday 14 October 2010

Beda Orangtua, Beda Asuhan

Orangtua bekerja mau tidak mau harus menitipkan anak kepada pengasuh atau nenek dan kakeknya. Persoalannya, mereka yang dititipkan, terutama nenek atau kakek, kerapkali memberikan pengasuhan yang berbeda. Aturan yang telah Anda dan pasangan tetapkan di rumah menjadi mudah ditoleransi.
Membina hubungan yang baik dengan orangtua Anda, bisa menjadi cara mengatasi problem ini, kata anggota DPR RI, Angelina Sondakh.

"Akan lebih mudah mengasuh anak dengan konsep pemikiran atau tujuan yang sama. Jika pun ada perbedaan dengan kakek atau neneknya, komunikasikan dengan baik tanpa menyinggung perasaan. Berikan pengertian bahwa Anda dan pasangan sudah menerapkan aturan di rumah yang harus dipatuhi anak," katanya, dalam Daycare 2010 Talkshow yang diadakan Unilever Indonesia beberapa waktu lalu.

Perempuan yang biasa disapa Angie ini mengaku merasa lebih percaya dan aman saat menitipkan anak kepada orangtuanya. Tak masalah meski anak menjadi sedikit dimanja dan dipenuhi permintaan, asalkan masih dalam batas wajar.

"Sesekali makan disuapi tak apa. Namun kalau anak sudah mandiri sebaiknya tidak dimanjakan, bahkan oleh kakek atau neneknya," tambahnya.

Kedekatan hubungan dengan orangtua, membuat Anda dan suami menjadi lebih mudah menegur bila ada aturan atau pola asuh yang menyimpang dari kebiasaan di rumah, kata Angie.

Masalah ini mudah terselesaikan dengan adanya komunikasi yang baik. Orangtua perlu kompak dan sepakat untuk menerapkan pola asuh kapan saja di mana saja.

"Saya menulis semuanya, seperti menu, jadwal kegiatan anak setiap harinya, aturan dos and don'ts yang juga berlaku saat anak dititipkan bersama neneknya," tandas Angie.

Sumber : kompas female
Share/Save/Bookmark

4 komentar:

Anonymous said...

do n don't dari ibunya sendiri meski anak dititipkan adalah bentuk asuhan yang ingin diterapkan oleh orangtuanya terhadap anaknya walaupun dititipkan namun aturan2 tersebut harus tetap berklaku:D Nice share! Makasih

Unknown said...

Good very nice.

Professional Web Designer NJ

Unknown said...

memang seperti itu karena ada istilah pepatah lain lubuk lain ikannya
terima kasih infonya gan salam OUTBOUND BOGOR
TEMPAT OUTBOUND
OUTBOUND bogor

Unknown said...

Orang tua harus lebih aktif bersama anak
Outbound Di Trawas