Pages

Sunday 4 April 2010

Karena Suri Cruise, Belanja Fashion Anak Melonjak

Ketika perempuan sedang kehabisan uang, konon satu-satunya hal yang tak bisa ditahannya adalah membeli pakaian untuk anak-anaknya. Bila perlu, mereka akan membeli dengan sistem kredit dulu (hayo, ngaku, Anda salah satunya?).
Namun di Inggris, perilaku ibu-ibu ini makin dipicu oleh gambar-gambar Suri Cruise yang seringkali mengenakan pakaian karya desainer berharga ribuan dollar. Sebuah survei baru yang diadakan oleh Debenhams mengungkapkan, orangtua di Inggris menghabiskan rata-rata Rp 4,8 juta setiap musim, atau hampir Rp 9,5 juta setiap tahun, untuk membeli pakaian anak.
Jajak pendapat yang diikuti 1.500 orangtua ini juga
menunjukkan, mendandani anak perempuan butuh ongkos lebih besar. Pengeluaran untuk baju baru hampir mencapai Rp 5,8 juta per musim. Para orangtua mengaku rata-rata membeli tujuh gaun dan lima pasang sepatu untuk anak perempuan tiap musim. Jenis pakaian seperti legging dan blazer termasuk yang paling populer.
Sementara itu, anak laki-laki umumnya mendapatkan 10 t-shirt baru dan lima pasang sepatu setiap enam bulan. Sebanyak 74 persen ayah mengatakan bahwa mereka selalu membelikan kaus tim klub bola untuk anak laki-laki, dan tim nasional Inggris.
Apakah pembelian pakaian baru itu ada hubungannya dengan ulang tahun anak? Ternyata tidak. Sebanyak 63 persen orangtua mengaku tidak butuh momen khusus untuk membelikan anak pakaian baru, dan 45 persennya berbelanja pakaian anak setidaknya sekali dalam dua minggu. Jumlah orangtua yang mengatakan tidak akan memberikan pakaian lungsuran untuk anaknya (jika mampu membeli yang baru) cukup banyak, 57 persen.

Suri Cruise menempati urutan teratas sebagai anak selebriti yang paling menginspirasi gaya anak di Inggris, dengan perolehan 50 persen suara. "Mini-fashionista" lain yang masuk daftar top ten adalah Romeo Beckham, Violet Affleck, Shiloh Jolie-Pitt, Kingston Rossdale (putra Gwen Stefani), Harlow Madden (putri Nicole Richie), dan Sunday-Rose Urban (putri Nicole Kidman).

Kate Liszka, kepala departemen pakaian anak di Debenhams, mengatakan, "Orang Inggris itu terkenal kompetitif. Kelihatannya, sekarang kita harus selalu mengikuti apa yang dilakukan keluarga Cruise."
Menurutnya, biaya yang dibelanjakan oleh para orangtua untuk membeli pakaian anak dari tren terbaru di peragaan busana itu bisa membayari liburan keluarga!
Sumber : Kompas
Share/Save/Bookmark

0 komentar: