Pages

Sunday 4 April 2010

Bila Orang Tua Salah Mendidik Anak

ORANGTUA tak seharusnya menempatkan posisi sebagai pihak yang selalu benar. Menerima kritik dan saran dari anak menjadi tanda bahwa orangtua tumbuh matang bersama kedewasaan berpikir anak.

Beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan orangtua dalam mendidik anak, di antaranya:

Terlalu banyak membaca buku pengasuhan anak

Buku parenting bisa menjadi masalah ketika orangtua menggannti kemampuan mereka sendiri dalam mengasuh anak dan menjadikan buku tersebut sebagai semacam kitab suci. Sebaliknya, luangkan waktu ekstra untuk berbicara dengan pasangan maupun anak, guna mendapatkan titik terang mengenai apa yang paling penting dalam kehidupan keluarga Anda.

Menggunakan kekerasan

Mendidik anak dengan kedisiplinan memang perlu, namun bukan berarti dengan cara menghukumnya terlalu keras ketika ia melakukan kesalahan. Anak malah akan menjadi membenci orangtua dan tidak betah di rumah. Dia pun akan mencari ketenangan di luar rumah. Dekati dan rangkul anak ketika berbuat kesalahan.

Meributkan hal kecil

Orangtua memaksakan anak untuk melebihi temannya yang lain dan selalu mengharuskan menjadi yang terbaik. Kegagalan suatu hal yang tidak dapat ditolerir. Seharusnya, orangtua membiarkan anak untuk merasakan kegagalan agar dapat mengambi hikmah dari pengalamannya.

Menutup mata pada hal besar

Selalu menganggap anaknya polos dan tidak mungkin terkontaminasi oleh dunia luar. Padahal, mungkin saja anak tengah terlibat dalam narkoba atau tindakan menyimpang lain. Jangan menutup mata jika Anda mencurigai anak berbuat yang tidak seperti biasanya. Jangan sampai dia makin larut dalam kesalahan.
Sumber : Okezone 

Share/Save/Bookmark

0 komentar: